Oleh: desaakhirat | 07/06/2012

Bid’ah adalah sesat

Assalamualaikum wr wb
BID’AH adalah tambahan dalam ber ibadah yang tidak ada tuntunannya baik dari Alloh maupun dari Rosul Saw,tapi dikerjakan oleh sebagian besar kaum muslim seakan2 wajib dikerjakan dan seakan2 atas tuntunan Alloh dan Rosul,dengan alasan bahwa “ini” adalah
“Bid’ah khasanah”.

Dalam Hadis Abu Dawud,Rosul SAW bersabda:

“Usikum bitaqwalloh wassam- i. Wattoati wain ta-ammaro alaikum abdun. Fainnahu man bais minkum fasayaro ikhtilafan kasiro fa-alaikum bisunnati wasunnatil khulafairrosidinal madiyyina min ba’di addu alaiha binnawajidha waiyyakum wamukhdasatil umur fainna kulla bid-atin dolalah”
Artinya:

“Aku wasiatkan pada kalian agar taqwa pada Alloh ,mendengarkan,dan taat,sekalipun kalian diperintah oleh seorang budak(yang jadi amir).
Karena barang siapa yang berumur panjang,maka nanti dia akan melihat banyak sekali perselisihan(dalam agama),maka supaya kalian berpegang pada Sunnahku dan Sunnah khulafaurosidin yang mendapat petunjuk sesudahku(Al Hadis).berpegang teguhlah padanya.gigitlah sunnah itu dengan gigi gerahammu. Dan berhati-hatilah terhadap perkara yang DIBUAT-BUAT(dalam agama),karena sesungguhnya SETIAP BID’AH adalah SESAT ”

Jadi karena Rosul sendiri sudah jelas bersabda bahwa SETIAP BID’AH adalah SESAT, maka tidak ada lagi pembenar bagi pendapat sebagian besar orang islam di Indonesia bahwa BID’AH KHASANAH boleh dikerjakan.
Meskipun ada banyak Ulama yang menyetujui BIDAH KHASANAH,tetap saja kita harus menurut pada Nabi Muhamad SAW.

Siapakah yang Harus diturut/di ikuti:
ROSULULLOH SAW Ataukah beberapa ULAMA’ yang jelas2 menolak sabda Rosul???????????

2.Rosul SAW bersabda dalam HR.Bukhori:

“Man akhdasa fiamrina hadha malaisa minhu fahuwa roddun”
Artinya:

“Barang siapa yang mengamalkan satu amalan yang DIBUAT-BUAT dalam perkara kami(agama) yang bukan berasal dari agama ini(quran dan Hadis),maka amalan tersebut DITOLAK”

Jadi semua amalan ibadah harus bersumber dari Alquran dan Alhadis.
3.Perhatikan sabda Rosululloh SAW dalam hadis Muwatok Imam Malik:

“Taroktu fikum amroini lan tadillu matamassaktum bihima kitabillahi wasunnati nabiyyih”
Artinya:

“Aku tinggalkan pada kalian dua perkara,yang mana kalian tidak akan tersesat selagi berpegang pada dua perkara tersebut,yaitu: kitab nya Alloh(Alquran) dan Sunnah Nabi (Alhadis)”

4.Rosul bersabda dalam HR.Ibnu Majah:

“La yaq’balullohu lisokhibi bid-atin souman wala solatan wala sodaqotan wala khajjan wala umrotan wala jihadan wala sorfa wala adlan yakhruju minal islami kama takhrujussa-arotu minal ajin”
Artinya:

“Tidak akan diterima Alloh amalannya orang yang mengerjakan bid’ah,tidak diterima puasanya,solatnya,sodaqohnya,hajinya,umrohnya,jihadnya,adilnya.keluar dia dari Islam sebagaimana keluarnya rambut dari adonan roti”

5.Rosul SAW bersabda dalam HR.IbnuMajah:

“Aballohu ayyaq’bala amala sokhibi bid-atin khatta yada-a bid-atahu”
Artinya:

“Alloh tidak mau menerima amalan orang yang ahli bid’ah sehingga dia meninggalkan bid’ah nya”

Jadi apapun ibadah kita baik tata cara solat,zakat,puasa dll harus bersumber atau sama persis dengan yang diperintahkan Alloh dan Rosul di Alquran dan Alhadis.
Nah ,kalau kita ingin mengetahui tata cara ibadah yang sesuai dengan yang diperintahkan Alloh dan Rosul,maka mau tidak mau kita harus mengajinya dalam Alquran dan Alhadis.
Alhadis sendiri terdiri dari banyak kitab.
Diantara ratusan kitab Hadis,ada sekitar 49 kitab Hadis yang cukup terkenal.
Diantara 49 Hadis tersebut,ada 6 Hadis yang paling terkenal yang disebut KITABUSSITAH yaitu: Bukhori,Muslim,Tirmidhi,AbuDawud,Ibnu Majah dan Nasai.

Karena kitabnya orang Islam adalah Quran dan Hadis,maka kita sebagai orang islam sejati mau tidak mau wajib mempunyai minimal kitab kitabussitah (6 kitab),kemudian harus dikaji dan dipelajari semuanya sehingga kita tahu betul apa-apa yang dikerjakan Nabi Muhammad SAW dan para Sahabat nya .
Jadi tidak buta ilmu agama,tapi benar2 mengetahui dan memahami nya langsung dari kitab aslinya orang islam.

Insaalloh sampai disini dulu pertemuan kita,jika ada yang salah,kurang atau lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Alkhamdulillah jazakumullohu khoiro.

Wassalamualaikum wr wb.

Ustadz Muslim Alfarizi

Konsultasi Alquran dan Hadis
Sms 087875806619
Insaalloh dibalas(mohon sabar antri)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: