Oleh: desaakhirat | 11/09/2012

PERJUANGAN ROSULULLOH SAW DALAM MENYEBARKAN AGAMA ISLAM

Assalamualaikum wr wb.
Meskipun sudah agak terlambat,tidak ada salahnya di bulan syawal yang mulia ini kami mengucapkan TAQOBBALALLOHU MINNA WAMINKUM.selamat hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin.

Dengan turunnya surat al-alaq (iqro) Beliau SAW resmi diangkat menjadi Nabi.
Dan dengan turunnya surat Al-Muddatsir Beliau SAW resmi diangkat sebagai Utusan Alloh(Rosullulloh).

Golongan yang pertama kali beriman dan menerima ajakan Rosululloh SAW ada 4 orang yaitu:
1.Khadijah(istri Rosululloh SAW)
2.Ali bin Abi Thalib
3.Zaid bin Harisah
4.Abu Bakar As sidiq

Disamping ke 4 nama diatas,putri-putri Rosulullah SAW juga penginsaf awal dalam Islam yaitu:

1.Zainab
2.Ruqayyah
3.Umi kulsum
4.Fatimah

Delapan orang diatas adalah pemeluk Islam pertama,kemudian baru disusul oleh penginsaf-penginsaf berikutnya seperti :
1.Usman bin Affan
2.Abdurrahma bin Auf
3.Azzubair bin Al-awwam
4.Talkhah bin Ubaidillah
5.Usman bin Mad-un
6.Abu Ubaidah bin Aljarah
7.Abu Salamah bin Abdil assad
8.Al arqom bin abil arqom
9.Sa-ad bin Abi Waqos

Saat dakwah menyebarkan Islam itu,Rosululloh SAW dan para sahabatnya mendapatkan rintangan yang luar biasa beratnya dari orang-orang kafir.

Inilah beberapa hadis yang menceritakan betapa beratnya perjuangan Rosululloh SAW dalam menyebarkan agama yang khak ini:

1.Ibnu Ishaq bercerita dengan sanadnya sampai kepada Ibnu Abbas,Dia bercerita:

“Suatu saat ketika Nabi berdiri dari Masjid Al Haram dan pergi….maka Abu Jahal berkata:’wahai golongan quraisy sesungguhnya Muhammad menolak untuk tidak mencela agama kita,bapak-bapak kita,tuhan-tuhan kita dan menganggap bodoh orang-orang pintar kita.sungguh aku berjanji pada Alloh,besok aku akan duduk menunggunya dengan membawa batu.
Ketika dia sujud akan aku pecahkan kepalanya.’

Keesokan harinya Abu Jahal membawa batu kemudian duduk menunggu Rosululloh SAW.
Sebagaimana biasa Beliau setiap pagi datang ke masjid untuk sholat.orang-orang kafir quraisy berkumpul untuk menyaksikan apa yang diperbuat Abu Jahal kepada Nabi.
Ketika Nabi sujut,maka Abu Jahal langsung mengangkat batunya dan berjalan kearah Nabi. Setelah dekat Nabi,dia bingung,panik,pucat,dan ketakutan. Maka orang-orang quraisy bertanya pada Abu Jahal “wahai Abu Al Hakam,apa yang terjadi denganmu?”
Dia menjawab “ketika aku mendekati muhamad untuk melakukan seperti yang aku katakan kemarin,saat itu ada Onta jantan yang menghalangi antara Aku dan Muhamad.demi Alloh, aku belum pernah melihat kepala,leher,dan gigi taring unta seperti milik Onta itu dan hendak menerkamku”

2.Dalam hadis riwayat Imam Ahmad,Tirmidzi dan Nasai ,Ibnu Abbas berkata:
Suatu hari Abu Jahal lewat menjumpai Nabi sedang mengerjakan Sholat,maka dia berkata “apakah aku belum melatangmu untuk mengerjakan sholat?
Kamu telah tahu di kawasan ini tidak ada orang yang lebih kuat dan lebih banyak pendukungnya dari pada Aku”

Lalu Nabi membentaknya dan Malaikat Jibril berkata”hendaklah dia memanggil pendukungnya maka kami akan memanggil .alaikat-malaikat Zabaniyyah.demi Alloh,jika dia memanggil pendukungnya maka pasti disiksa langsung oleh malaikat Zabaniyyah”

3.Ibnu Jarir bercerita dengan sanadnya sampai Abu Huroiroh:
Abu Jahal berkata “apakah Muhamad berani menampakkan wajah ditengah kalian? Mereka menjawab”ya ” maka Abu Jahal berkata ” demi Laata dan Uzza jika aku melihatnya sholat, maka aku akan menginjak lehernya dan melumuri wajahnya dengan debu”

Suatu saat Dia mendatangi Nabi yang sedang sholat untuk menginjak leher Beliau.
Merekapun menjadi kaget karena Abu Jahal mundur dan melindungi dirinya dengan kedua tangannya.
Dia ditanya”ada apa denganmu?”
Dia menjawab “saya melihat jurang api dan sesuatu yang menakutkan serta beberapa sayap yang menghalang-halangi antara aku dan Muhammad ”
Nabi bersabda “jika dia mendekat lagi,maka pastilah malaikat mencabik-cabik dia sampai anggota badannya lepas satu persatu ”

4.Dalam Hadis Riwayat Imam Ahmad ,Imam Bukhori Dan Imam Muslim : ……ketika Nabi sholat,seorang kafir quraisy bernama Uqbah dan teman-temannya meletakkan isi perut/kotoran Onta diatas punggung Nabi,sehingga Nabi sujut terus tidak bisa mengangkat kepalanya sampai datang Fatimah yang membuangnya dari punggung beliau. Ketika telah selesai sholat,Beliau mengangkat kedua tangannya dan mendoakan laknat untuk para pembesar quraisy secara umum dan menyebutkan nama 7 pembesar quraisy secara khusus yang telah menganiaya beliau itu. Semua yang disebut namanya oleh Nabi terbunuh di waktu perang Badar dan dimasukkan ke dalam sumur Badar.

5.Orang-orang kafir pernah melempari Nabi ketika mengerjakan sholat dengan isi perut kambing.mereka sering memelototi Nabi bahkan mencaci maki Beliau secara terang-terangan.
Bahkan Ubay bin khalaf mengancam Rasululloh SAW dengan berkata :”aku punya kuda yang aku kasih makan biji-bijian setiap hari.aku akan membunuhmu sambil menungganginya”
Lalu Nabi menjawab:”bahkan aku yang akan membunuhmu, insyaalloh”
kenyataannya betul,Nabi membunuhnya diwaktu perang Uhud.

Dan masih banyak lagi rintangan-rintangan yang dihadapi oleh Rosululloh SAW dalam menyebarkan agama Islam ini.

Hal ini menjadi pelajaran bagi kita semua, orang-orang Islam bahwasannya untuk menyebarkan Agama Alloh ini akan selalu mendapatkan rintangan,gangguan dan bebagai macam halangan dari musuh-musuh Alloh dimana saja kita berada.
Maka kita harus tetap semangat,tidak gampang pitus asa,tidak merasa rendah diri,karena seperti dalam firman Alloh dalam surat Muhammad 4 :”ya-ayyuhalladhina amanu intansurulloha yansurkum ”

Artinya:
“Wahai orang iman,jika kalian menolong (agama)Alloh maka Aku akan menolongmu ”

Juga dalam surat Ali Imron:160 Alloh berfirman:
“Iyyansurkumullohu fala gholiba lakum ”

Artinya:
“Jika Alloh menolong,maka tidak ada yang bisa mengalahkan kamu”

Insaalloh demikian dulu yang bisa kami sampaikan.kurang lebihnya kami minta maaf .

Alhamdulillah jazakumullohu khoiro
Wassalamualaikum Wr Wb

Ustadz Muslim Alfarizi

Konsultasi Alquran dan Hadis
Sms 087875806619
Sabar antri


Responses

  1. sepertinya islam telah terpecah belah menjadi banyak golongan , jika kita merasa yakin dengan satu golongan ,kemudian ada pihak lain yang juga merasa yakin dengan kelompoknya……bolehkah dalam berdakwah kita beradu doa saling laknat melaknati untuk membuktikan pihak / kelompok siapa yang benar dan yang masih murni menjalankan agama Islam sesuai dengan ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW ???? seperti dalam surat dan ayat :

    Siapa yang membantahmu tentang kisah Isa sesudah datang ilmu (yang meyakinkan kamu), maka katakanlah (kepadanya): “Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, isteri-isteri kami dan isteri-isteri kamu, diri kami dan diri kamu; kemudian marilah kita bermubahalah kepada Allah dan kita minta supaya laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta.
    (QS: Ali Imran Ayat: 61)

  2. Perjuangan nabi muhammad itu perlu kita teladani,, dia slalu berjuang demi agama islam buktinya dia rela imusuhu, ditimpuk pake batu oleh orang quraisy dan nabi muhammad SAW masih tetap bersabar sampai sampai nabi muhammad SAW dikepung oleh orang quraisy dan sampai mengumpat di gua tsur yaitu gua cahaya dan sampai nabi muhammad maka daun daun yang ada di sana karena sudah kehabisan bahan makanan

    KITA TUH PERLU BANGET MENELADANI SIKAP NABI MUHAMMAD DALAM MEMPERJUANGKAN AGAMA ISLAM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: