Oleh: desaakhirat | 18/05/2013

HARI KIAMAT

Assalamu alaikum Wr Wb

Hari ini hari kiamat….
Hari yang menghancurkan jagat……

1.Alloh berfirman di surat Al Haj :1-2

“Wahai manusia ,bertaqwalah kepada Tuhanmu. Sesungguhnya goncangan hari Kiamat itu adalah kejadian yang sangat dasyat. Pada hari kamu melihat goncangan itu, lupalah wanita yang menyusui pada anak yang disusuinya, gugurlah kandungan semua wanita yang hamil, dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk,padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Alloh sangat keras”

2.Alloh berfirman disurat At Takwir 1-14

“Apabila matahari digulung, apabila bintang-bintang berjatuhan ,dan apabila gunung-gunung dihancurkan, dan apabila onta-onta yang bunting ditinggalkan, dan bila binatang-binatang liar dikumpulkan.
Dan apabila lautan meluap, dan bila roh-roh dipertemukan dengan tubuh. Dan apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya, karena dosa apakah dia dibunuh. Dan apabila catatan-catatan amal dibuka. Dan apabila langit digulung. Dan apabila neraka jahim dinyalakan, dan apabila Surga didekatkan, maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakannya”

3.Firman Alloh di surat Al Infithar:1-5

“Apabila langit terbelah, dan bila bintang-bintang jatuh berserakan, dan apabila lautan meluap, dan bila kuburan-kuburan dibongkar, maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakan dan yang dilalaikannya ”

4.Rosululloh SAW bersabda di Hadis Muslim:

“Matahari mendekat kepada semua makluk pada hari kiamat sampai hanya berjarak 1 mil .sehingga semua manusia berkeringat sesuai dengan pengamalan mereka. Ada yang berkeringat sampai kedua mata kakinya, ada yang berkeringat sampai lututnya, ada yang sampai dadanya, bahkan ada yang berkeringat sampai menutupi mulut mereka”

5.Rosululloh SAW bersabda di Hadis Muslim:

“Sesungguhnya keringat akan menyebar di bumi pada hari kiamat seluas 70 hasta. Dan keringat tersebut betul-betul sampai kemulut-mulut atau telinga-telinga manusia pada hari itu”

JADI ,APAKAH HARI KIAMAT ITU?

Yaitu:
Hari Jumat yang saat tersebut ditiuplah sangkakala atau As Shur oleh Malaikat Israfil atas perintah Alloh.

Pada hari Jumat tersebut, matahari terbit dari barat.

6.Rosul SAW bersabda di Hadis Tirmidhi:

“Bagaimana aku merasa senang-senang hidup di dunia ,sementara pemegang Sankakala telah memasukkannya kemulutnya.dia memasang pendengarannya untuk meniupnya kapan saja dia diperintah”

7.Firman Alloh di surat Muhammad:18

“Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan Hari Kiamat , yang kedatangannya sangat tiba-tiba. Karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya kiamat . Maka apa manfaat dari kesadaran mereka apabila hari Kiamat sudah datang?”

LALU APAKAH TANDA-TANDA AKAN DATANGNYA HARI KIAMAT ?

Mari kita perhatikan sabda Rosul SAW:

“Hari kiamat itu punya tanda: bermula dengan lesunya jual beli di pasar, sedikit hujan, begitu juga dengan tumbuhan, ghibah menjadi-jadi dan merata, pun demikian pula dengan riba, banyak anak-anak berzina, orang kaya diagung-agungkan, orang-orang fasik bersuara lantang di masjid, para ahli mungkar lebih banyak menonjol dari ahli Haq ”

Sedangkan di Alquran dan Hadis banyak sekali menerangkan tentang tanda-tanda akan datangnya Hari Kiamat,yaitu sbb:

1.Asap akan memenuhi timur dan barat selama 40 hari. Jika orang iman terkena asap tersebut, dia akan bersin-bersin seperti orang yang kena Flu. Sementara orang kafir akan seperti orang mabuk, asap akan keluar dari hidung,telinga dan dubur.

2.DAJJAL akan keluar. Dia mengaku Tuhan.sebelah matanya buta dan diantara kedua matanya tertulis “kafir”.

3.Nabi Isa turun ke Bumi ,di negri Syam,dimenara putih. Nabi Isa lah yang membunuh Dajjal, kemudian beliau menegakkan syariat agama islam.

4.Keluarnya Yajuj wa majuj. Ada dua golongan, yaitu golongan kecil dan golongan besar. Saat ini, mereka berada dibelakang bendungan yang dibuat oleh Iskandar Zulkarnain.

5.Keluarnya binatang melata DABATUL ARD di kota Mekah dekat gunung Shafa. Binatang ini bisa berbicara. Dia membawa tongkat Nabi Musa dan Cincin Nabi Sulaiman. Bila dia memukulkan tongkatnya kedahi orang iman,maka akan tertulis didahinya:”orang iman”. Jika dipukulkan kedahi orang kafir, maka tertulis “orang kafir”

6.Hari kiamat jatuh pada hari jumat, disaat matahari terbit dari barat.

INILAH DETIK-DETIK KETIKA KIAMAT MENCAPAI PUNCAK NYA:

Firman Alloh di surat Azzumar :68

“Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah semua yang ada dilangit dan Bumi KECUALI yang dikehendaki oleh Alloh.kemudian ditiup sangkakala sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu”

Jadi saat tiupan pertama, semua makluk di langit dan bumi seperti manusia,malaikat,jin,binatang semuanya mati, kecuali yang dikehendaki oleh Alloh.di sebuah Hadis, diterangkan: bahwa mereka yang dikehendaki tetap hidup itu adalah 8 Malaikat yang bertugas mengangkat ARS nya Alloh.

Sabda Rosululloh SAW di Hadis Muslim:

“Kemudian ditiuplah sangkakala,maka tidak ada seorangpun kecuali akan mengarahkan pendengaran dan menjulurkan lehernya. Tidak tersisa seorangpun kecuali dia mati. Lalu Alloh menurunkan hujan seperti gerimis atau naungan. Maka tumbuhlah jasad-jasad manusia karenanya. Lalu ditiuplah sangkakala kedua. Tiba-tiba mereka bangkit dari kuburnya dalam keadaan menanti( apa yg akan terjadi)”

Pada hari Kiamat inilah, Hari yang sangat mendebarkan dan menakutkan.

Karena begitu kita dibangkitkan, maka kita sudah berada di Alam Akhirat.

Alam Dunia sudah dilipat oleh Alloh.

Semua orang akan menyesal:

1. Orang kafir menyesal, ingin dikembalikan ke dunia agar bisa bertobat menjadi orang iman.

2.Orang iman juga menyesal: ingin dikembalikan kedunia ,agar mereka bisa kembali mengamal dan beribadah sebanyak-banyaknya untuk menghadapi “penilaian di hari Akhirat”.

Pada Hari Akhirat ini, semua merasakan panas menyengat, karena matahari didekatkan sejauh satu mil, atau bahkan ada Hadis yang menerangkan bahwa matahari berjarak hanya satu jengkal !

Semua berkeringat sesuai dengan pengamalan mereka selama didunia. Ada yang berkeringat semata kaki,selutut,sepinggang, sedada, seleher,semulut bahkan ada yang tenggelam oleh keringat mereka sendiri.

Saat itu ,mereka lupa pada anaknya. Bapaknya,ibunya,suaminya,istrinya ataupun keluarga lainnya, apalagi teman-temannya.

Mereka hanya memikirkan untuk mencari selamat sendiri-sendiri !

Yang ada hanya rasa takut ,khawatir, panik, gentar dan sebangsanya…..

Semua berdebar-debar menunggu keputusan Alloh atas diri mereka masing-masing………

Firman Alloh di surat Saba:40

“Dan ingatlah hari yang Alloh mengumpulkan mereka semuanya”

Di surat Saba:42

“Maka pada hari ini sebagian kamu tidak berkuasa untuk memberi manfaat dan mudharat kepada yang lain ”

PADA HARI ITU ,HANYA ADA 7 GOLONGAN YANG DIBERI PAYUNG ATAU NAUNGAN OLEH ALLOH:

1.Imam yang adil
2.Seseorang yang hatinya digantungkan di masjid.
Maksudnya: saat dia senang,sedih,bahagia,gundah,punya masalah, selalu ingat pada masjid, untuk sholat, mengaji dan beribadah ke Alloh.

3.Seseorang yang tumbuh didalam ibadah pada Alloh.
Maksudnya: orang yang mulai kecil belum baligh, lalu baligh,dewasa, menikah dan seterusnya ,terus berada dalam ibadah islam, tidak pernah putus sholat 5 waktu dan ibadah wajib lainnya.

4.Orang yang berkawan karena Alloh dan berpisah karena Alloh.

5.Orang yang bisa menahan hawa nafsu,meski sudah berada didepan matanya.

6.Orang yang sodaqoh/infaq dengan tangan kanannya, tangan kirinya tidak tahu.
Maksudnya: kita sodaqoh/infaq semata-mata karena Alloh, ada orang atau tidak ada orang tetap sodaqoh. Tidak ingin dilihat orang atau ingin dipuji orang.

Kata seorang ulama’ Mekah Syeikh Luqman:

“Jika kamu ingin tenang dan bahagia, maka INGATLAH 2 dan LUPAKAN 2, ingat 2 yaitu: ingat pada Alloh dan ingat pada mati. Lupakan 2 yaitu: lupakan kebaikanmu pada orang lain dan lupakan kejelekan orang lain terhadapmu”

7.Orang yang bisa menangis karena Alloh

Maksudnya:disaat sepi tidak ada orang,kita berbicara pada Alloh, mengadukan semua masalah pada Alloh, meminta maaf pada Alloh dan minta tolong pada Alloh dengan khusu’ sehingga air mata kita keluar. Hanya ada kita dan Alloh saja.itulah menangis karena Alloh.

Bukan menangis karena kambing kita mati !

Maka Mari kita perhatikan firman Alloh di surat Naziat:37-41

“Orang-orang yang melampui batas dan lebih mengutamakan dunia, maka NERAKA lah tempat tinggalnya. Adapun orang-orang yang takut pada Tuhannya dan menahan hawa nafsunya, maka SURGA lah tempat tinggalnya ”

Juga di Surat Qoshos:83

“Desa Akhirat (Surga) itu Kami peruntukkan bagi orang-orang yang TIDAK sombong dan TIDAK berbuat maksiat di Bumi. Dan hasilnya (surga) itu bagi orang-orang yang Taqwa”

Nah, Bagaimana dengan kita?
Siapkah kita menghadapi hari Kiamat dan Hari Akhirat ???

Insaalloh cukup sekian,kurang lebihnya kami minta maaf

Alhamdulillah jazakumullohu khoiro
Wassalamu alaikum Wr Wb
Ustadz Muslim Alfarizi

Konsultasi Alquran dan Hadis
Sms 087875806619
Insaalloh dibalas(mohon sabar antri)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: